LES PRIVAT TK-SD-SMP-SMA-SMK-UMUM SURABAYA SIDOARJO GRESIK. MATEMATIKA, IPA, IPS, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, AKUNTANSI, EKONOMI, BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA ARAB, PKN, KOMPUTER. LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SUPRAUNO: 08222 666 1656

Dosen FH Unila Raih Doktor di Undip

Dosen FH Unila Raih Doktor di Undip

SEMARANG – Dosen Universitas Lampung (Unila), FX Sumarja SH MHum meraih gelar doktor dari Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Undip, Selasa (20/1). Setelah menyelesaikan pendidikan selama delapan semester, alumnus UGM itu lulus doktor denagn predikat sangat memuaskan.


”Sebenarnya promovendus bisa lulus cumlaude. Hanya saja, kendala masa studi menjadikannya lulus dengan menyandang predikat sangat memuaskan,” kata Ketua PDIH Undip Prof Dr FX Adji Samekto, kemarin.
Penelitiannya tertuang dalam disertasi berjudul ”Politik Hukum Larangan Kepemilikan Tanah Hak Milik oleh Orang Asing untuk Melindungi Hak-Hak Atas Tanah Warga Negara Indonesia”.


Anggota Tim Penyelesaian Sengketa Tanah Provinsi Lampung itu melakukan penelitian tersebut berawal dari keprihatinan kepemilikan tanah oleh orang asing. Ini mengkhawatirkan bila lama-kelamaan semua orang menjual tanah untuk warga negara asing. Banyak contoh, tanah beralih di kawasan wisata, juga pulau terpencil di Tanah Air.

Harmonisasi
Promovendus sampai pada kebaruan teori. Sumarja mengemukakan konsep baru melindungi hak-hak tanah WNI. Itu juga akan berhasil melalui aktualisasi politik hukum larangan kepemilikan tanah oleh asing. Selain itu, harus muncul harmonisasi dan sinkronisasi perundang-undangan dan perlu lembaga pengawas pertanahan serta peradilan agraria.

”Namun, paling penting dari semuanya adalah penguatan pemahaman, kesadaran, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai filosofis hukum di masyarakat. Di samping itu, pendidikan hukum kepada masyarakat dan penyelenggara negara,” tutur Sumarja.

Prinsip-prinsip hukum ini merupakan bagian dari yang disajikan dalam ujian promosi terbuka. Sidang pakar dan guru besar mengakui kesahihan riset promovendus. Suami Wiwik Wijayati itu lulus dengan IPK 3,75.
Ayah Pradipta Wijonugroho itu mempertahankan pemikirannya di depan tim penguji yang terdiri atas Prof Dr Adji Samekto SH MHum (ketua), Prof Dr Rahayu SH MHum (sekretaris), Prof Dr Sudjito SH MSi, Prof Dr I Gede AB Wiranata SH MH, Prof Dr Yusriyadi SH MH, Dr Darminto Hartono SH LLM, dan Dr Retno Saraswati SH MHum.

Dekan FH Unila Prof Dr Heryandi SH MS mengakui kualitas pengajarnya semakin matang dengan bertambahnya doktor baru. Sumarja adalah dosen senior di bagian Hukum Administrasi Negara, yang terlibat dalam banyak penelitian. (H41-37)
LBBSUPRAUNO
Terima kasih atas kunjungan anda. Lembaga bimbingan belajar suprauno adalah lembaga pendidikan yang fokus terhadap pembelajaran siswa agar menjadi pribadi yang unggul dan berprestasi.Dan terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Dosen FH Unila Raih Doktor di Undip.
Bagi Artikel!

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

belajar