LES PRIVAT TK-SD-SMP-SMA-SMK-UMUM SURABAYA SIDOARJO GRESIK. MATEMATIKA, IPA, IPS, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, AKUNTANSI, EKONOMI, BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA ARAB, PKN, KOMPUTER. LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SUPRAUNO: 08222 666 1656

Gaji Guru Honorer di Bengkulu Tidak Sepadan

Gaji Guru Honorer di Bengkulu Tidak Sepadan

Metrotvnews.com, Bengkulu: Gaji para guru honorer di desa-desa terpencil di Provinsi Bengkulu yang berkisar Rp400 ribu hinggai Rp1 juta per bulan dinilai masih rendah bila dibandingkan dengan tugas yang mereka emban.

Kepala Dinas Pendidikan nasional Provinsi Bengkulu Sumardi, Sabtu (29/1), mengatakan, gaji para guru honorer tersebut tidak sesuai dengan lokasi tugas dan biaya transportasi yang harus mereka keluarkan setiap harinya.

Gaji guru honorer di daerah ini, khususnya wilayah terpencil, idealnya antara Rp1,5 juta sampai Rp2 juta per bulan. Dengan gaji tersebut, baru mereka bisa bekerja tenang karena cukup untuk memeberi makan anak dan istri.

"Kami mengharapkan pada tahun 2011 ini masing-masing bupati/ wali kota dapat menganggarkan dengan dana APBD masing-masing daerah, sehingga dapat menaikan gaji guru honorer tersebut," ujarnya.

Sementara pos anggaran gaji guru honorer itu bisa diambil di Pos hibah atau dana untuk bantuan sosial masing-masing kabupaten/kota.

Selain itu, dia juga mengharapkan kepada para Kepala Sekolah agar lebih selektif merekrut guru honorer dan disesuaikan dengan kebutuhan serta tidak boleh dipaksakan.

Memaksimalkan guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) karena sudah diberikan fasilitas oleh pemerintah, ujarnya.

Jumlah guru honorer dan bantu di Provinsi Bengkulu tercatat 30.108 dari 54.416 guru se-Bengkulu, mengajar pada sekolah dasar sampai sekolah menengah atas di sepuluh kabupaten/kota.

Guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) di provinsi tersebut sampai saat ini masih kurang karena baru 24.308 orang atau 45 persen dari jumlah guru yang ada.

Tenaga pengajar honorer dan bantu tersebut, honornya sebagian dibayar oleh yayasan tempatnya mengajar, tetapi ada juga yang dibayar melalui dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) setempat, serta anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Guru dibayar melalui dana APBN berstatus guru tidak tetap, sedangkan guru bantu dan honorer dibayar oleh APBD kabupaten setempat.

Walaupun soal kesejahteraan guru honorer dan guru bantu di Bengkulu memang masih jauh dari harapan, namun para guru tersebut tetap membaktikan dirinya kepada bangsa dan negara.

"Kita patut memberi apresiasi kepada guru honorer dan swasta karena meski pendapatan mereka rata-rata di bawah upah minimum provinsi (UMP) tapi tetap bekerja tekun," ujarnya.

Seorang tenaga guru honorer di Kabupaten Kauar Abidin mengharapkan agar bisa menjadi prioritas pada pengangkatan penerimaan calon pegawai negeri tahun 2011.

"Saya sudah mengabdi sekitar 12 tahun namun status sampai saat ini masih guru honorer dan beberapa kali mengikuti seleksi CPNS tidak lulus karena tidak ada uang `ekstra`," keluhnya.(Ant/RIZ)
LBBSUPRAUNO
Terima kasih atas kunjungan anda. Lembaga bimbingan belajar suprauno adalah lembaga pendidikan yang fokus terhadap pembelajaran siswa agar menjadi pribadi yang unggul dan berprestasi.Dan terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Gaji Guru Honorer di Bengkulu Tidak Sepadan.
Bagi Artikel!

Artikel Terkait

Comments
1 Comments

1 komentar:

(SRI AGUSTINA SHOFIAN; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Blitar)

Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Blitar dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Blitar dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

4. Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I. beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I.0813-2612-2555

belajar