LES PRIVAT TK-SD-SMP-SMA-SMK-UMUM SURABAYA SIDOARJO GRESIK. MATEMATIKA, IPA, IPS, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, AKUNTANSI, EKONOMI, BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA ARAB, PKN, KOMPUTER. LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SUPRAUNO: 08222 666 1656

Guru Pengawas UN 2011 dengan Silang Murni

Guru Pengawas UN 2011 dengan Silang Murni

Guru pengawas ruang ujian pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMP dan SMA sederajat tetap menggunakan sistem silang murni dari sekolah yang berbeda.


"Jadi teknisnya hampir sama dengan pelaksanaan UN sebelumnya, yaitu menggunakan sistem silang," kata Ketua panitia UN Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Ilyas Sitorus, di ruang kerjanya Jalan Teuku Cik Ditiro Nomor 1-D Medan, Senin (14/3).

Dijelaskan Sitorus, sistem silang ini diterapkan demi pelaksanaan UN yang murni dengan menghindari adanya tindakan kecurangan dilakukan siswa bekerja sama dengan guru yang selalu mendidiknya dalam mengerjakan soal-soal ujian.

"Lagipula pengawas silang ini sesuai dengan standar yang pusat dalam pelaksanaan UN," ungkapnya.

Kata Ilyas, pengawas silang ini bentuknya seperti, guru dari sekolah A akan mengawas di sekolah B, guru sekolah B akan mengawas di skeolah C dan guru dari sekolah C akan mengawas di sekolah D dan begitu seterusnya.

Dengan demikian diharapkan tidak akan ada kerjasama antar sekolah membantu siswanya mengerjakan soal-soal ujian," katanya.

Lebih lanjut ia juga mengatakan pihaknya optimis pelaksanaan UN 2011 ini dapat terlaksana dengan aman, tertib dan lancar. Selain itu pihaknya juga yakin tingkat kelulusan tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

Ia mangatakan demi lancarnya pelaksanaan UN di Sumut, pihaknya telah melaksanakan beberapa persiapan, mengingat pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat akan dilaksanakan 18 April 2011 mendatang. Sedangkan pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs dan SMPLB dari tanggal 25-28 April 2011 dan untuk pelaksanaan UASBN SD/MI/SDLB pada tanggal 9 -11 Mei 2011.

Beberapa langkah yang telah dilaksanakan, seperti melakukan pendataan calon peserta UN dengan sistem online. Kemudian melakukan pendataan sekolah yang memiliki kelas tertinggi, pendataan sekolah penyelenggara, pendataan calon guru dan pengawas ruang.

"Semuanya akan dilaksanakan dengan mengedepankan sistem silang murni antar sekolah antar madrasah. Agar persiapan itu dapat terlaksana seperti yang diharapkan, diimbau kepada seluruh kepala sekolah untuk mempersiapkan serta melakukan pembekalan secara serius, terutama kepada para siswa yang akan mengikuti UN," katanya.

Tahun ini jumlah peserta UN di Sumut, akan diikuti sebanyak 714.603 peserta yang terdiri dari tingkat SMP sederajat sebanyak 248.564 siswa dan SMA/MA sebanyak 118.145 serta SMK 68.183. Sedangkan untuk tingkat SD/MI/SDLB sebanyak 279.710 peserta.

Sementara sekolah yang menjadi penyelenggara UN sebanyak 13.275 sekolah yang terdiri dari SMA/MA sebanyak 1.152, SMK (616), SMP sederajat 2.594, SD sederajat 8.913

Sedangkan sekolah yang harus bergabung dalam melaksanakan UN yakni SMA/MA 177, SMK (47), SMP sederajat 349, SD sederajat 759. (rmd)
LBBSUPRAUNO
Terima kasih atas kunjungan anda. Lembaga bimbingan belajar suprauno adalah lembaga pendidikan yang fokus terhadap pembelajaran siswa agar menjadi pribadi yang unggul dan berprestasi.Dan terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Guru Pengawas UN 2011 dengan Silang Murni.
Bagi Artikel!

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

belajar