LES PRIVAT TK-SD-SMP-SMA-SMK-UMUM SURABAYA SIDOARJO GRESIK. MATEMATIKA, IPA, IPS, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, AKUNTANSI, EKONOMI, BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA ARAB, PKN, KOMPUTER. LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SUPRAUNO: 08222 666 1656

SMK Dukung Pendidikan Tiga Plus Satu

SMK Dukung Pendidikan Tiga Plus Satu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Program Tiga Plus Satu yang digulirkan Kementerian Pendidikan Nasional bagi peningkatan kualitas siswa SMK disambut baik para Kepala Sekolah SMK. Menurut Kepala Sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMKN 48 Jakarta, Waluyo Hadi, program ini memiliki filosofi mampu mengangkat 'derajat' siswa SMK yang biasanya bekerja di level pelaksana mampu terangkat ke level supervisi.


"Jadi filosofinya siswa SMK kan biasanya bekerja di level menengah, misal operator atau pelaksana, padahal di dunia kerja kemampuannya tak berbeda jauh dengan lulusan politeknik atau universitas. Dengan program ini siswa SMK mampu terangkat ke level manajerial atau supervisi, dan ini berimplikasi kepada gaji," paparnya ketika ditemui Republika, Selasa (8/2).

Jadi menurutnya, dengan membuka program satu tahun sebagai kelanjutan dari masa studi 3 tahun di SMK, maka lulusannya akan setingkat Diploma Satu. "Ini juga untuk mengangkat angka partisipasi kasar di Indonesia," ucap pria yang telah dua tahun menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMKN 48.

Saat ini sebagai sekolah rintisan mereka punya kesiapan antara lain bekerjasama dengan Politeknik Negeri Jakarta dan Institut Teknologi Bandung. Kerjasamanya ialah akan membuka program satu tahun sebagai bagian dari Tiga Plus Satu itu sehingga setara dengan D1.

"Jadi kita sebagai sub kampus dari Universitas Induk, sehingga pembelajarannya menggunakan sarana dan prasarana SMK 48," paparnya.

Sejauh ini lanjut dia, pihaknya memiliki sarana dan prasarana yang mencukupi untuk dijadikan sub kampus. "RSBI memang diprioritaskan untuk program ini karena memang memiliki sarana dan prasarana yang cukup, kemudian juga sekolah kejuruan kami telah disertifikasi ISO 9001-2008," paparnya.
LBBSUPRAUNO
Terima kasih atas kunjungan anda. Lembaga bimbingan belajar suprauno adalah lembaga pendidikan yang fokus terhadap pembelajaran siswa agar menjadi pribadi yang unggul dan berprestasi.Dan terima kasih telah membaca artikel yang berjudul SMK Dukung Pendidikan Tiga Plus Satu.
Bagi Artikel!

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

belajar