LES PRIVAT TK-SD-SMP-SMA-SMK-UMUM SURABAYA SIDOARJO GRESIK. MATEMATIKA, IPA, IPS, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, AKUNTANSI, EKONOMI, BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA ARAB, PKN, KOMPUTER. LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SUPRAUNO: 08222 666 1656

Cara Penanggulangan Masalah Psikologi Umum Yang Dihadapi Anak Dalam Belajar

Cara Penanggulangan Masalah Psikologi Umum Yang Dihadapi Anak Dalam Belajar

enis Masalah Psikologi Umum Yang Dihadapi Anak Dalam Belajar :

1. Kurangnya Kesadaran dan Motivasi Anak Untuk Belajar
J
Keadaan anak yang sebenarnya memiliki intelegensi/kecerdasan yang cukup tinggi, tetapi tidak dapat memanfaatkan kecerdasannya secara optimal. Hal ini biasanya dikarenakan anak pada dasarnya tidak mengikuti materi pelajaran di sekolah.

2. Kekurangmampuan Anak Dalam Menerima Penjelasan dari Sekolah

Keadaan murid yang sebenarnya memiliki bakat akademik tinggi, tetapi harus benar-benar dilatih dengan pengerjaan tugas di rumah untuk memenuhi kebutuhan dan kemampuan belajarnya yang tinggi.

3. Lambat dalam Belajar

Keadaan anak yang memiliki bakat akademik kurang memadai, mungkin dikarenakan factor asupan gizi pada waktu kecil atau faktor lain.

4. Mempunyai Sikap Dan Kebiasaan Buruk Dalam Belajar

Hal ini biasanya karena beberapa faktor misalnya : suka dan sering menunda–nunda tugas, mengulur–ulur waktu, membenci guru di sekolah, tidak mau bertanya hal–hal yang belum dimengerti.

5. Negative Thinking Hampir Dalam Segala Hal Terutama Dalam Belajar

Masalah ini sering dijumpai karena si anak khususnya, merasa tidak mampu menghadapi ulangan atau ujian yang akan diselenggarakan. 90% faktor penyebabnya adalah kurang PD dari si anak. Sehingga si anak selalu beranggapan “TIDAK BISA!”. Dan akhirnya meskipun persiapan belajarnya sudah matang, tetapi tetap saja besoknya pada waktu ujian si anak dapat nilai yang buruk.

6. Kondisi Anak Sering Tidak Masuk Sekolah

Hal ini dipengaruhi beberapa faktor yaitu : Sakit, ataukah Anak tersebut memang suka bolos sekolah karena diakibatkan masalah benci terhadap gurunya, tidak suka pelajaran pada hari tersebut, dan lain-lain.


Tetapi secara garis besar, faktor penyebab masalah anak dalam belajar dibagi menjadi dua, yaitu :

1. Faktor Internal

Yaitu faktor yang berada dalam diri siswa itu sendiri, diantaranya :

* Gangguan secara fisik
* Ketidakseimbangan secara mental
* Kelamahan emosional, seperti merasa tidak aman, kurang percaya diri, takut, benci, dan lain – lain.
* Kelemahan yang disebabkan oleh kebiasaan dan sikap yang salah, seperti malas, sering bolos, dan lain – lain.

2. Faktor Eksternal

* Sekolah , antara lain :

Ø Kurikulum sekolah yang kurang fleksibel terhadap perkembangan anak.

Ø Beban belajar yang terlalu berat.

Ø Metode dan media belajar yang kurang memadai.

* Keluarga, antara lain :

Ø Keadaan keluarga kurang harmonis.

Ø Keadaan ekonomi keluarga yang mengganggu perkembangan anak.

Ø Sikap orang tua yang kurang memperhatikan pendidikan dan terlebih lagi, anak merasa kurang diperhatikan dan kurang kasih sayang.


Solusi dan Langkah-langkah Penanggulangan Masalah dan Faktor Belajar Anak adalah sebagai berikut :

1. Pihak keluarga terutama orang tua pada khususnya memberikan waktu yang relatif lebih banyak daripada sebelumnya untuk mengontrol keadaan anak terutama dalam segi pengawasan pada waktu belajar.

2. Jika Anda tidak mempunyai waktu yang lebih banyak untuk melakukan pengawasan tentang waktu belajar anak, maka Anda dapat bergabung dengan LBB yang berpengalaman dan tentunya LBB tersebut juga dapat membiasakan anak disiplin dalam belajar.
JADI TUNGGU APALAGI !
SEGERALAH BERGABUNG DENGAN KAMI !
LBBSUPRAUNO
Terima kasih atas kunjungan anda. Lembaga bimbingan belajar suprauno adalah lembaga pendidikan yang fokus terhadap pembelajaran siswa agar menjadi pribadi yang unggul dan berprestasi.Dan terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Cara Penanggulangan Masalah Psikologi Umum Yang Dihadapi Anak Dalam Belajar.
Bagi Artikel!

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

belajar