LES PRIVAT TK-SD-SMP-SMA-SMK-UMUM SURABAYA SIDOARJO GRESIK. MATEMATIKA, IPA, IPS, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, AKUNTANSI, EKONOMI, BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA ARAB, PKN, KOMPUTER. LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SUPRAUNO: 08222 666 1656

60 Persen Kursi PTN Diisi Lewat Seleksi Nasional

60 Persen Kursi PTN Diisi Lewat Seleksi Nasional

TEMPO Interaktif, Jakarta - Mulai tahun ini sekurang-kurangnya 60 persen kursi mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri harus diisi melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Ini berarti calon mahasiswa baru memperebutkan sekitar 120 ribu kursi di 60 perguruan tinggi negeri lewat jalur seleksi nasional.
“Baru tahun ini seleksinya minimal 60 persen dari daya tampung perguruan tinggi negeri,” kata Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh di kantornya kemarin.

Sebelumnya, ada universitas negeri yang hanya menyediakan 20 persen kursi untuk calon mahasiswa dari jalur seleksi nasional. Sedangkan sisanya diperoleh melalui seleksi tersendiri.

Ketua Umum Panitia SNMPTN, Herry Suhardiyanto, mengatakan seleksi nasional akan dilaksanakan lewat dua jalur, yakni ujian tertulis dan/atau keterampilan serta undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik. Jalur tertulis dan/atau keterampilan ini terbuka bagi semua calon mahasiswa. Adapun jalur undangan dilaksanakan lewat sekolah asal, mirip penjaringan bibit unggul daerah beberapa tahun lalu.

Herry menambahkan, pendaftaran ujian tertulis dan/atau keterampilan dibuka pada 2-18 Mei 2011. Ujian tertulis dilaksanakan pada 31 Mei, berupa tes potensi akademik dan bidang studi dasar. Sedangkan tes bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial dilaksanakan pada 1 Juni. Ujian keterampilan dilaksanakan pada 3-4 Juni. Hasil tes diumumkan pada 30 Juni.

Adapun pendaftaran jalur undangan, kata dia, dibuka dari 1 Februari hingga 12 Maret. Hasilnya bakal diumumkan pada 18 Mei. Menurut Herry, calon peserta tak perlu mendaftar di loket, dan tinggal membuka laman http://undangan.snmptn.ac.id untuk jalur undangan dan http://ujian.snmptn.ac.id untuk jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan. “Biaya pendaftaran kemudian tinggal disetor ke rekening panitia seleksi di Bank Mandiri,” kata dia.

Dia menambahkan, biaya untuk jalur undangan Rp 175 ribu. Untuk jalur ujian dan/keterampilan Rp 150 ribu buat kelompok IPA atau IPS, Rp 175 ribu untuk IPC (IPA dan IPS sekaligus), dan Rp 150 ribu untuk ujian keterampilan. Khusus untuk ujian keterampilan, biayanya dibayarkan di perguruan tinggi penyelenggara.

Kementerian Pendidikan Nasional melarang semua universitas negeri menyelenggarakan seleksi mandiri sebelum pelaksanaan SNMPTN.

“Kami minta perguruan tinggi menyesuaikan diri dengan peraturan Menteri Pendidikan,” kata Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal setelah membuka Konferensi Asia-Afrika Penyelamatan Bumi di Gedung Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, kemarin.

Jadwal seleksi mandiri di sejumlah universitas negeri memang mendahului SNMPTN. Menurut Pejabat Humas UGM, Suryo Baskoro, seleksi mandiri di kampusnya akan digelar pada 27 Maret, mendahului jadwal SNMPTN.

Menurut Fasli, seleksi mandiri yang mendahului SNMPTN berimbas tak sehat karena memberi proporsi seleksi nasional lebih sedikit. Hasil seleksi kebanyakan hanya didasarkan pada penilaian perguruan tinggi yang menggelar seleksi.
LBBSUPRAUNO
Terima kasih atas kunjungan anda. Lembaga bimbingan belajar suprauno adalah lembaga pendidikan yang fokus terhadap pembelajaran siswa agar menjadi pribadi yang unggul dan berprestasi.Dan terima kasih telah membaca artikel yang berjudul 60 Persen Kursi PTN Diisi Lewat Seleksi Nasional.
Bagi Artikel!

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

belajar