LES PRIVAT TK-SD-SMP-SMA-SMK-UMUM SURABAYA SIDOARJO GRESIK. MATEMATIKA, IPA, IPS, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, AKUNTANSI, EKONOMI, BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA ARAB, PKN, KOMPUTER. LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SUPRAUNO: 08222 666 1656

4.656 Sekolah Dapat Akreditasi

4.656 Sekolah Dapat Akreditasi

Badan Akreditasi Provinsi (BAP) Jawa Barat selama tahun 2010 berhasil mengakreditasi 4.656 sekolah. Dari jumlah tersebut, 2.030 di antaranya sekolah dasar (SD).

"Sekolah dasar memang paling banyak diakreditasi. Hingga saat ini, sekitar 2.507 SD di Jabar sudah diakreditasi," ungkap Ketua BAP Jabar, Prof. Dr. Jam'an Satori kepada wartawan usai rapat BAP Jabar di Isola Resort, Jln. Setiabudhi Bandung, Senin (15/11).


Menurut Jam'an, dari 2.507 SD yang sudah diakreditasi, hanya sekitar 20,22% atau 507 SD yang masuk pada akreditasi (peringkat) A. Sedangkan 1.884 SD di peringkat B dan 116 di peringkat C.

Jam'an menyebutkan, penyebab sedikitnya SD yang mendapat akreditasi A, karena sebagian besar tidak mempunyai laboratorium dan perpustakaan. Salah satu syarat untuk bisa mencapai peringkat atau akreditasi A , sekolah harus mempunyai laboratorium dan perpustakaan termasuk tenaga ahli dan pustakawannya,.

Dikatakan, SD yang mendapat akreditasi A lebih banyak swasta daripada negeri. Hal itu sangat wajar, karena SD swasta sangat mengejar kualitas. "Dengan akreditasi A, dipastikan sekolah mereka akan terangkat dan diserbu warga," ujarnya.

Jam'an pun menyebutkan, tahun ini sekolah di bawah Departemen Agama, seperti raudhatul athfal (RA), madrasah ibtidaiah (MI), madrasah tsanawiah (MTs), dan madrasah aliah (MA) banyak yang didaftarkan untuk diakreditasi. Ini berbeda dengan tahun lalu, yang jumlahnya lebih sedikit.

"Tahun lalu, hampir semua pengelola madrasah berbagai angkatan menolak diakreditasi, sekalipun sudah diajukan oleh Departemen Agama masing-masing. Tapi tahun ini jumlahnya meningkat tajam," ujarnya.

Tahun in, untuk RA 40 unit, 11 memperoleh akreditasi A, 26 akreditasi B, dan 3 akreditasi C. Untuk MI 495 unit, 117 memperoleh akreditasi A, 361 akreditasi B, dan 17 akreditasi C.

Untuk MTs 130 unit, 99 memperoleh akreditasi A, 28 akreditasi B, dan 2 akreditasi C serta satu MTs tidak lolos akreditasi. Untuk MA 149 unit, 107 memperoleh akreditasi A dan 39 akreditasi B.

Total sekolah yang sudah diakreditasi mencapai 4.977. Sebanyak 1.772 mendapat akreditasi A, akreditasi B 2.992 sekolah, dan 209 sekolah mendapat akreditasi C, serta 4 sekolah tidak lolos.

Masa akreditasi berlaku lima tahun. Setelah itu, sekolah wajib diajukan kembali untuk diakreditasi. "Bagi yang tidak atau belum diakreditasi, tidak diperbolehkan menyelenggarakan ujian nasional (UN) maupun ujian berstandar nasional (UASBN) bagi SD," ujarnya.

Kalaupun menggelar UN, harus menumpang pada sekolah yang telah mendapat akreditasi A. (B.81)**
LBBSUPRAUNO
Terima kasih atas kunjungan anda. Lembaga bimbingan belajar suprauno adalah lembaga pendidikan yang fokus terhadap pembelajaran siswa agar menjadi pribadi yang unggul dan berprestasi.Dan terima kasih telah membaca artikel yang berjudul 4.656 Sekolah Dapat Akreditasi.
Bagi Artikel!

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

belajar