LES PRIVAT TK-SD-SMP-SMA-SMK-UMUM SURABAYA SIDOARJO GRESIK. MATEMATIKA, IPA, IPS, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, AKUNTANSI, EKONOMI, BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA ARAB, PKN, KOMPUTER. LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SUPRAUNO: 08222 666 1656

Pendidikan Agama Solusi Ciptakan Perdamaian

Pendidikan Agama Solusi Ciptakan Perdamaian

JAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan pendidikan agama adalah sarana efektif dan strategis untuk membangun budaya perdamaian dan menanggulangi krisis peradaban manusia dewasa ini. “Solusi terbaik ciptakan perdamaian adalah melaksanakan secara maksimal pendidikan agama,” katanya kepada INDOPOS (grup JPNN), kemarin (5/8).


Menurut Din, pendidikan agama di banyak negara selama ini belum cukup efektif membangun budaya perdamaian. Hal ini disebabkan pendidikan agama lebih tampil sebagai pengajaran agama, belum menjadi pendidikan nilai yang membentuk akhlak. Pengajaran agama yang ada juga kurang berorientasi pada wawasan sosial, yakni bagaimana seseorang hidup di tengah masyarakat majemuk.

Untuk itu, Din mendesak dilakukan rekonstruksi pendidikan agama untuk menjadi pendidikan nilai dengan menanamkan nilai-nilai keutamaan tadi, dan mengembangkan wawasan multikultural dalam dunia pendidikan dan kehidupan nyata. “Kalau gerakan ini dilancarkan sekarang maka 2 sampai 3 dasawarsa yang akan datang kita sudah akan dapat melihat hasilnya,” ujar Din.

Pernyataan itupun dia sampaikan saat menjadi pembicara pada Religious Education Forum 2010 di Kuala Lumpur, 3 Agustus lalu. Katanya, forum itu dihadiri 500 tokoh berbagai agama dari 13 negara. Forum diprakarsai Chengho Multiculture Trust, pimpinan Tan Sri Lee Kim Yew. Din Syamsuddin berbicara pada panel terdiri dari Tun Mahathir Muhammad, Master Ching Kung (tokoh spiritual Buddha), Rev Thomas, dan Dr William Vendley (Sekjen WCRP, New York).

Sebelumnya, Din Syamsuddin yang juga President Asian Council Religious for Peace (ACRP) memaparkan krisis peradaban yang terjadi dewasa ini yang berpangkal pada krisis nilai. Maka harus ada penanaman nilai baru melalui pendidikan dalam segala bidang, baik di sekolah, masyarakat, dan keluarga. Nilai-nilai yang perlu ditanamkan adalah nilai kebersamaan, toleransi, dan koeksistensi damai. (dil)


LBBSUPRAUNO
Terima kasih atas kunjungan anda. Lembaga bimbingan belajar suprauno adalah lembaga pendidikan yang fokus terhadap pembelajaran siswa agar menjadi pribadi yang unggul dan berprestasi.Dan terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Pendidikan Agama Solusi Ciptakan Perdamaian.
Bagi Artikel!

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

belajar