LES PRIVAT TK-SD-SMP-SMA-SMK-UMUM SURABAYA SIDOARJO GRESIK. MATEMATIKA, IPA, IPS, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, AKUNTANSI, EKONOMI, BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA ARAB, PKN, KOMPUTER. LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SUPRAUNO: 08222 666 1656

Kurikulum Berbasis Kompetensi

Kurikulum Berbasis Kompetensi


Kurikulum berbasis Kompetensi yang biasanya di sebut KBK ini di mula sejak tahun 2004. Kurikulum ini di buat sebagai bentuk penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum tahun 1994.

Kita tahu bahwa proses belajar yang biasnya dis ebut sebagai pendidikan adalah sebuah aktivitas yang selalu berjalan dan senantiaasa mengalami perubahan. Perubahan ini di harapkan mengarah kearah yang lebih baik dan menghasilkan person yang berkualitas. Oleh karena itu negara sebagai penyelenggara pendidikan mengganti kurikulum 1994 menjadi kurikulum berbasis kompetensi ini.

Sebenarnya tidak banyak perubahan yang terjadi pada peralihan kurikulum berbasis kompetensi jika di bandingkan dengan kurikulum 1994. Hal ini menggambarkan bahwa sebagian besar sistem pendidikan yang di ajarkan sejak kurikulum 1994 masih sejalan dengan kurikulum baru ini.

Perubahan yang terjadi di kurikulum berbasis kompetensi antara lain:

Pertama kalau dulu pada kurikulum 1994 kita menggunakan sistem catur wulan, yaitu evaluasi hasil belajar di lakukan stiap 4 bulan sekali. Evaluasinya pun di sebut dengan Tes Hasil Belajar (THB), sedangkan pada kurikulum berbasis kompetensi, evaluasi tersebut di sebut Ulangan Akhir Semester.

Kedua Kalau dulu siswa sebagai Objek yakni sebagai orang yang di beri ilmu oleh gurunya dan siswa harus menyerap ilmu tersebut. Sedangkan pada Kurikulum berbasis Kompetensi siswa harus aktif belajar sedangka guru hanya sebagai pemandunya apabila ada kesalahan yang di lakukan oleh siswa.

Ketiga Porsi terbesar pembelajaran dalam kurikulum 1994 adalah teori, sedangkan porsi terbesar pembelajaran dalam kurikulum berbasis kompetensi adalah praktek. ini berarti bahwa siswa di tuntut untuk lagsung mengerti sekaligus praktek dan ini sangat sesuai dengan dunia kerja, yang akhirnya siswa kita dapat bersaing kelak ketika lulus sekolah di dunia kerja masing- masing.

Dengan memahami tentang kedua kurikulum tersebut kita akan mengetahui tentang kekurangan dan kelebihan masing masing kurikulum. Dengan begitu, semoga pendidikan indonesia dapat maju dan terus maju yang menghasilkan individu yang aktif dan kompetitif.


LBBSUPRAUNO
Terima kasih atas kunjungan anda. Lembaga bimbingan belajar suprauno adalah lembaga pendidikan yang fokus terhadap pembelajaran siswa agar menjadi pribadi yang unggul dan berprestasi.Dan terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Bagi Artikel!

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

belajar