LES PRIVAT TK-SD-SMP-SMA-SMK-UMUM SURABAYA SIDOARJO GRESIK. MATEMATIKA, IPA, IPS, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, AKUNTANSI, EKONOMI, BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA ARAB, PKN, KOMPUTER. LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SUPRAUNO: 08222 666 1656

Buku sekolah elektronik

Buku sekolah elektronik



Buku yang biasanya di singkat bse ini adalah sebuah inovasi baru terhadap transfer alat pendidikan yang dilakukan di indonesia. Dulu, kita mendapatkan buku ajar yang di terbitkan oleh pemerintah ,dikerjakan di pusat ibukota Jakarta berupa buku paket. Dalam penyebarannya sering mengalami penundaan waktu yang lama terutama bagi sekolah yang terletak dipelosok negeri. Hal ini dikarenakan system transportasi sat itu yang kurang memadahi bagi proses transfer barng tersebut.


Sekarang ,dengan adanya bse ini pemerintah tidak mengalami kesulitan dalam penyebaran buku ini dan juga tidak membutuhkan waktu yang banyak, bahkan hanya 5 menit saja data buku sudah di tangan. Hal ini di karenakan penyebaran buku dilakukan melalui system online atau menggunakan internet. Kita tinggal milih buku apa yang akan kita download dari computer kita di rumah yang telah tersambung di server, selanjutnya kita tinggal mencetak atau mem-print bse tersebut.


Bse yang telah di sebarkan melalui system online sudah dibeli hak ciptanya oleh pemerintah dari pengarang buku tersebut. Jadi siapapun orangnya, apapun pekerjaannya , untuk apapun tujuannya diperbolehkan mendownload, mencetak, menyebarluaskan, bahkan memperdagangkan bse tersebut asalkan tidak melebihi dari HET( harga eceran tertinggi ) yang telah di tetapkan oleh pemerintah.


Dengan hadirnya teknologi terkini maka semakin memudahkan penyebaran buku yang di lakukan oleh pemerintah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Sehingga penyebaran buku merata diseluruh Indonesia dan dalam tempo yang sama tanpa mengalami perbedaan jangkauan walaupun di pelosok asalkan dapat online.


Banyak sekali manfaat yang diberikan dengan hadirnya bse antara lain:

  1. harga buku menjadi murah.

  2. kurikulum di seluruh Indonesia sama tepat karena memakaibuku ajar yang sama.

  3. buku yang di pakai tiap tahun tetap samasehingga menghemat pengeluaran orang tua dalam pembelanjaanbuku.

  4. pembagian buku merata di seluruh Indonesia dan dalam waktu yang sama.

  5. kesalahan dalam buku dapat segera di perbaiki tanpa melakukan cetakulang.

  6. komersialisasi buku oleh sekolah terhadap siswa berkurang karena buku wajibnya adalah bse.


Namun dari berbagai manfaat yang kita dapat dari bse tersebut, masih saja ada kekurangan yang perlu di hindari dan di perbaiki. kesalahan tersebut adalah:

  1. banyak guru yang masih belumdapat mengakses bse karena prosedur download yang berbelit-belit.

  2. penyebaran internet yang tidak merata menyebabkan guru tidak bias mendownload karena tidak ada internet.

  3. Para pebisnis buku atau penerbit mengeluhkan karena HET yang sangat rendah sehingga margin keuntungan sangat sedikit.


Walaupun begitu kita harus tetap bisa memanfaatkan teknologi ini semaksimal mungkin karena keuntungannya jauh lebih besar daripada kekurangan yang dimiliki. Maka wajiblah kita belajar internet. Sedangkan tanggung jawab pemerintah adalah memperluas jaringan internet yang ada di seluruh Indonesia. Dan bagi penerbit hendaknya berlapang dada akan hadirnya buku murah ini karena memang pendidikan adalah tanggung jawab bersama dan tidaklah etis jika kita mementingkan keuntungan pribadi sementara rakyat butuh pendidikan. Marilah bersama sama membangun bangsa indonesia menjadi bangsa maju di tahun 2020. we try hard, pray seriously insya Allah we wil get it.

LBBSUPRAUNO
Terima kasih atas kunjungan anda. Lembaga bimbingan belajar suprauno adalah lembaga pendidikan yang fokus terhadap pembelajaran siswa agar menjadi pribadi yang unggul dan berprestasi.Dan terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Buku sekolah elektronik.
Bagi Artikel!

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

belajar