LES PRIVAT TK-SD-SMP-SMA-SMK-UMUM SURABAYA SIDOARJO GRESIK. MATEMATIKA, IPA, IPS, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, AKUNTANSI, EKONOMI, BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS, BAHASA ARAB, PKN, KOMPUTER. LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SUPRAUNO: 08222 666 1656

Bahaya Merokok bagi Manusia

Bahaya Merokok bagi Manusia

Merokok adalah kegiatan menghisap tembakau dicampur dengan bumbu yang di pilin dengan menggunakan kertas tertentu. Setiap manusia diseluruh dunia pasti sudah mengetahui tentang rokok itu sendiri. Rokok sendiri asalnya dari amerika serikat yaitu suku Indian yang memiliki kebiasaan merokok karena tembakau memang tumbunhnya di sana.

Kebanyakan orang merokok karena sudah menjadikannya sebagai aktivitas dari kecil. Ada yang karena stress berat memikirkan pekerjaannya terus mencari pelarian dengan merokok. Bahkan penyebaran kegiatan merokok saat sangat mudah yaitu antarteman, karena rokok sudah menjadi gaya hidup diantara remaja dan anak-anak khususnya.

Menurut mania rokok, rokok dapat menghilangkan stress, mendatangkan inspirasi dan mendatangkan pujian dari orang lain / teman. Padahal itu hanya mitos yang mereka buat untuk melakukan pembelaan terhadap kebiasaan buruk mereka. Mereka tidak hanya tutup mata terhadap kebenaran umum yang nyata bahkan dengan sifat kemunafikan mereka mereka berani mengklaim bahwa rokok menghasilkan beberapa keuntung yakni mitos tadi.

Mitos pertama, rokok dapat menghilangkan stress. Inilah mitos yang paling lucu yang di munculkan oleh aktivis perokok. Semua orang pasti paham bahwasannya ketika orang dalam londisi otak full atau sudah melebeihi kemampuannya dalam bekerja baik fisik maupun psikis maka kita di haruskan untuk beristirahat. Selain itu apabila kita sudah jenuh terhadap aktivitas kita yang monotan kita di haruskan mengalihkan pekerjaan kita ke aktivitas yang lain agar tidak mengakibatkan depresi yang berlanjut menjadi stress. Nah lo, dari peralihan aktivitas inilah yang di klaim oleh pemuja rokok sebagai aktivitas yang menghilangkan stress. Bukannya stress nanti yang hilang malahan muncul kerugian lain yang mengakibatkan kita stress lebih berta.

Mitos kedua , merokok dapat mendatangkan inspirasi. Mitos ini sebenarnya sama dengan mitos yang pertama yakni berkaitan dengan masalah aktivitas. Kalau mitos pertama pengaruhnya karena terdapat peralihan aktivitas sedangkan mitos yang kedua yaitu karena adanya aktivitas yang lain maka kita akan melakukan hal yang baru, semakin banyak hal baru yang kita lakukan maka akan mendatangkan inspirasi kepada kita dan semakin sering kita mengupdate wawasan kita baik melalui aktivitas ataupun membaca maka datang pula inspirasi baru.

Mitos ketiga, mendatangkan pujian dari orang lain/ teman. Mitos ini biasanya terjadi di lingkungan remaja atau anak-anak sekolah. Mereka mengira dengan merokok maka banyak orang yang menghormati atau menganggap exist keberadaan mereka. Sebaliknya, pada kenyataan orang yang merokok di sembarang tempat maka akan dianggap orang lain sebagai individu yang memiliki kepribadian dan kebiasaan buruk karena memang merokok adalah perbuatan negative. Bukanlah pujian yang didapat olehy perokok melainkan cemoohan drai masyarakat yang sehat dan berfikir.

Dengan banyaknya bantahan dari mitos merokok kita juga masih banyak kerugian dari kegiatan merokok ini. Kerugian tersebut antara lain:
1. akan merusak kesehatan kita dalam jangka panjang yakni rusaknya paru-paru kita.
2. merokok juga dapat membangkitkan penyakit jantung kita secara mendadak.
3. di dalam terdapat berbagai macam racun yaitu, nikotin, bahan pewarna , bahan pembakar explosive, dan lain lain.
4. menimbulkan sifat candu sehingga bila aktivitas merokok di tinggalkan akan menyebabkan keresahan. Akibatnya pekerjaan kita hasilnya kurang maksimal karena kurang focus.
5. kemampuan menghitung keuangan kita berkurang karena zat dalam rokok ada yang mengurangi kekonsentrasian kita terhadap angka yang membutuhkan kejelian dan ketelian. Dan jika di biarkan terus menerus potensi kesalahan akibat hal ini sangat besar.
6. dapat merusak janin dan tidak sempurnanya bayi yang di kandung.
7. menyebabkan impotensi bagi pria yang tua ataupun muda.
8. jebolnya keuangan kita karena di pergunakan untuk aktivitas yang tidak ada gunanya.
9. menyebabkan polusi udara yang menggangu pernafasan bagi masyarakat dunia.
10. munculnya sifat individualis karena cuek terhadap kesehatan orang di sekitar.

Denngan terkuaknya berbagai keruian dari aktivitas merokok. Maka kita harus lebih arif dan bijaksana terhadap rokok . bagi yang sudah kecanduan hendaknya kita menghindarinya sedikit demi sedikit karena memang dampak dari merokok sangat dahsyat bukan hanya bagi diri sendiri namun juga bagi orang lain. Bagi yang tidak merokok janganlah mencoba-coba terhadap kegiatan yang satu ini, sekali mencoba maka anda akan ketagian yang mendatangkan kemudharatan bagi anda. Go freedom dan tetap sehat.
LBBSUPRAUNO
Terima kasih atas kunjungan anda. Lembaga bimbingan belajar suprauno adalah lembaga pendidikan yang fokus terhadap pembelajaran siswa agar menjadi pribadi yang unggul dan berprestasi.Dan terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Bahaya Merokok bagi Manusia.
Bagi Artikel!

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

belajar